Pemkot Gorontalo Adakan Rakorev Pengelolaan Keuangan Pusat Dan Daerah Dengan Kanwil DJPB

INDONESIASATU.CO.ID:

GORONTALO - (2/7) Dalam rangka membangun sinergi antara pusat dan daerah serta meningkatkan kerja sama dalam mengawal usaha pencapaian program dan sasaran pembangunan di Kota Gorontalo, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo bersama Pemerintah Kota Gorontalo menyelenggarakan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Hubungan Keuangan Pusat dan Daerah Semester I tahun 2018. Kegiatan yang juga merupakan rakorev penyerapan Anggaran Kota Gorontalo Triwulan II tahun 2018 tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Walikota Gorontalo dengan dihadiri oleh Wakil Walikota Gorontalo, Sekretaris Daerah, Ketua DPRD dan seluruh pimpinan SKPD lingkup Pemerintah Kota Gorontalo.

Kakanwil Ditjen Perbendaharaan , Ismed Saputra, menyebutkan kegiatan rakorev merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan minimal sekali dalam setahun. Beliau menjelaskan berbagai tugas Kanwil Ditjen Perbendaharaan terkait dengan pengelolaan keuangan pusat dan daerah.Secara prinsip keuangan pusat dan daerah seyogyanya sama. Badan Keuangan Daerah merupakan miniatur Kementerian Keuangan di tingkat pusat.

Dalam acara ini, Kepala Bidang PPA I/II, Didik Ariwibawa, memaparkan kondisi fiskal Kota Gorontalo dan kinerja pelaksanaan anggaran serta pentingnya Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) dalam menyuplai data debitur KUR serta perkembangan penyaluran KUR di Kota Gorontalo. Kepala KPPN Gorontalo, Totok Suyanto, menyampaikan progress dan permasalahan penyaluran DAK Fisik Kota Gorontalo. Terdapat beberapa rekomendasi yang disampaikan untuk dapat menjadi perhatian Pemerintah Kota Gorontalo.

Menutup sesi Paparan, Kakanwil menegaskan jangan sampai Dana Alokasi Khusus yang telah dialokasikan tidak tersalurkan. Kanwil Ditjen Perbendaharaan dan KPPN selalu terbuka apabila Pemerintah Kota Gorontalo mengalami kendala dalam pengelolaan DAK Fisik.

Wakil Walikota, Charles Budi Doku, menyampaikan apresiasi kepada tim Kanwil Ditjen Perbendaharaan atas kerja samanya. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya penyerapan anggaran. Pertumbuhan ekonomi di Gorontalo banyak digerakkan oleh pengeluaran pemerintah. Berdasarkan hal tersebut perlu pengelolaan keuangan yang kredibel dan pro rakyat. Sekrtetaris Daerah, Ismail Madjid, yang memimpin diskusi meminta seluruh kepala OPD pengelola APBN dan APBD untuk menjelaskan dan mengklarifikasi apa yang disampaikan Bagian Ekbang dan Tim Kanwil DJPB.

Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat lebih mempererat kerja sama Kanwil Ditjen Perbendaharaan dan Pemerintah Kota Gorontalo yang sudah terjalin dapat menjadi lebih baik dalam rangka mewujudkan pengelolaan keuangan yang lebih baik dan secara tidak langsung meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Gorontalo.

Index Berita